Minggu, 20 Oktober 2019

DASAR DASAR PEMAHAMAN BAHASA SILOKA

By Deden Heryana

Untuk memahami bahasa siloka (makna tersirat) perlu memahami dasar-dasarnya :

1. Harus memahami hukum-hukumnya atau landasannya. Ada kalimat tersurat berarti ada kalimat yang tersirat (yang sedang kita coba pahami). Berarti  sumbernya atau dasarnya adalah kalimat:
“semua diciptakan berpasang-pasangan”.
– ada tersurat berarti ada yang tersirat.
– ada baik berarti ada buruk.
– ada kanan berarti ada kiri,
– dlsb.

2. Dalam prosesnya menggunakan sebab – akibat atau yang sekarang dikenal filsafat.
kalimat dasar dari sebab akibat adalah:
“jika kita berbuat baik makan akan mendapatkan kebaikan begitu pula sebaliknya”. Seperti kalimat pantun bogor pembahasan sebelumnya:

karena pada akhirnya…. orang yang jahat buruk hatinya, akan dihukum oleh tingkah lakunya sendiri.

pembahasan:
nah jadi yang menghukum adalah diri sendiri. (Dengan kata lain jika kita baik maka akan mendapatkan kebaikan begitu pula sebaliknya).

3. Perlu ketajaman berfikir anda. Karena apapun kalimatnya apabila anda tidak dapat berfikir jernih maka akan jauh dari menemui makna siloka yang tentu saja ketidakjernihan pikiran dapat disebabkan oleh berbagai permasalahan dalam hidup yang tentunya permasalahan dalam hidup tersebut disebabkan oleh ketidakjernihan hati atau tidak rancage hate. Rancage hate diperlukan untuk memahami bahasa tersirat yang disebutkan dalam pembahasan bahasa siloka. Bisa dilihat dalam pantun bogor “ngahiyangna pajajaran” bagian wangsit siliwangi berikut:

Kaula bakal datang ngalanglang
Pieun nulungan nu barutuh
Pieun mantuwan anu sarusah
Tapi ngan sakur anu Sunda di Pajajaran
Bari Pajajaran anu Sunda
Jeung narunda dina sukma …. !

Di waktu kaula datang ngalanglang
Kaula datang hanteu kadeuleu !
Amun kaula nyarita
Sakur anu ngaku ngaku kadatangan kaula
Jeung majarkeun
Inyana neuleu kaula
Atawa ngadenge kaula nyarita
Masing di nyaraho
Jelema kitu teh jelema sasar maju ka edan !

Bisa oge inyana teh kadatangan
Tapi ku sukma anu ngaku ngaku ceunah kaula !
Masing dia nyaraho
Jelema kitu teh
Kasandingan nu nyiriwuri !

Kaula datang
Teu ngarupa teu nyawara
Tapi mere ciri
Ku wawangi ….. !
Kitu oge ngan ka arinyana
Anu geus rancage dina hate
Eujeung weruh dina semu anu saestu
Bari ngarti
Dina wangi nu sajati
Eujeung pikir surti lantip
Dina lampah anu hade ……. !

artinya:
saya (prabu siliwangi) akan datang menemui
untuk menolong yang butuh
untuk membantu yang susah
tetapi hanya kepada orang yang sunda di pajajaran
sambil pajajaran yang sunda
dan yang pada menaruh dalam sukma….!

di waktu saya datang menemui
saya datang tidak terlihat!
jikalau saya berbicara
orang yang mengaku – ngaku
kedatangan saya
dan mengatakan mereka melihat saya atau mendengar suara saya
sesungguhnya kalian harus tahu
orang tersebut tertipu oleh yang menyerupai (prabu siliwangi)!

saya datang tidak berwujud tidak bersuara
tetapi memberi ciri kesucian (mengacu kepada arti wangi adalah suci dari nama siliwangi yang mana silinya adalah langgeng)…!
itupun hanya kepada mereka yang baik hatinya
dan tahu tahu kepada sesuatu yang tersembunyi
sambil paham tentang kesucian yang sejati
dan pikir yang tajam dan lurus
dan dalam jalan hidup yang baik…!

pembahasan:
berulang – ulang pantun bogor menegaskan tentang kebersihan hati, pikir yang tajam dan lurus serta pemahaman akan bahasa siloka yang merupakan ciri sunda pajajaran dan pajajaran yang sunda pada jaman prabu siliwangi dan sebelumnya.
kita mendapatkan ciri sunda pajajaran di sini menuju apal ka purwadaksina nyaeta sunda asalna.
nyaeta unggul
pangaweruh jembar pangabisa
dengan kata lain pilih tanding.

Dalam kalimat pantun bogor “ngahiyangna pajajaran” bagian wangsit siliwangi berikut:

Urang wetan anu geus hareudang
Ku urang kulon nu keur hudang
Hariwang keuna wayah Urang Sunda baris hudang !

artinya:
orang timur yang telah gerah
kepada orang barat yang sedang bangun
cemas pada saatnya orang sunda akan bangun.

4. Siloka harus berlandaskan cerita ini atau siloka napak dina uga.

5. Hati yang bersih. Inilah sebabnya sangat-sangat sedikit  yang memahami bahasa siloka. Bisa dipastikan urang baduy atau kanekes memiliki kemampuan memahami bahasa siloka karena mereka tersebut dalam pantun bogor sebagai rawayan ki santang dan mereka masih tetap menggunakan tali paranti seperti jaman pajajaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar